Molen Pisang Keju Coklat

Pengen banget makan bolen buatan bandung tapi jauh :( untung pas lagi jalan-jalan ke tempatnya mba Hesti nemu resepnya dan cara buatnya gampang. Cuma molen buatanku besar-besar soalnya ngelipetnya masih belum rapi, secara aku juga pake pastry sheet siap pakai merk edo (belum bisa ei bikin pastry sheet sendiri) untuk kulitnya. 


Resepnya diadaptasi dari Molen Pisang Keju by Hesti

Bahan Kulit:
250 gr terigu protein sedang
30 gr gula pasir
2 kuning telur
1 sdm margarine / butter
100 ml air es
125 gr korsvet
1/2 sdt garam

Bahan Isi:
pisang raja yang matang sekali, kukus, potong-potong (aku pakai pisang uli)
keju, potong potong
gula pasir (bisa diganti susu kental manis)
cokelat meises

Bahan Olesan:
Kuning telur
Susu kental manis

Cara Membuat:
1. Kulit: campur terigu, gula, garam, aduk rata. Tambahkan kuning telur dan air sambil diulen ringan asal rata. Tambahkan margarine / butter. Aduk sampai kalis, tidak perlu sampai elastis. Bulatkan, simpan di kulkas selama sekitar 15 menit.
2. Keluarkan dari kulkas, giling membentuk persegi panjang. Isi dengan korsvet 2/3 nya. Tutup dari bagian yang tidak terkena korsvet ke tengah, lalu lipat lagi. Giling lagi. Lipat lagi seperti tadi. Lakukan sampai 4x. Simpan di kulkas lagi selama 15 menit. Kalau adonan mulai terlalu lembek atau susah pada saat dikerjakan, letakkan terlebih dahulu dalam kulkas.
3. Giling tipis adonan. Potong kotak-kotak. Taburi tengahnya gula pasir atau susu kental manis sedikit. Beri isian pisang yang diselipkan keju di tengahnya. Beri lagi gula sedikit. Lipat seperti amplop hingga tertutup rapat. Olesi kuning telur yang dicampur madu (aku ganti dengan susu kental manis).
4. Simpan di talam yang di alas kertas roti tanpa dioles margarine. Beri jarak sedikit untuk pastry mengembang. Panggang dengan suhu 180 C sampai kekuningan. Turunkan panas hingga 160 C. Panggang hingga berwarna coklat keemasan (aku panggang selama 30 menit suhu 200 C, api bawah selama 15 menit, api atas bawah 15 menit).
5. Angkat, dinginkan. Siap disajikan


Comments

Popular Posts