Cake Tape Pandan

Aku tuh kurang terlalu suka sama tape, mau tape singkong ataupun tape hitam tapi karena di-request sama suami buat nyoba bikin cake tape akhirnya aku coba buat walau aku cuma makan sepotong dan sisanya dimakan sama keluargaku. Cake-nya enak tapi karena pakai tape jadi padat banget dan agak seret kalau menurut aku ya tapi kalau suamiku sih doyan-doyan aja. Untuk warnanya memang agak pucat soalnya aku ga berani pakai pewarna terlalu banyak.



Cake Tape Pandan
Sumber: Saji edisi 255

Bahan:
225 gr margarin
1/4 sdt garam
150 gr gula pasir halus
150 gr tape singkong (dibuang seratnya dan dihaluskan)
4 butir telur
175 gr tepung terigu protein sedang
30 gr maizena
25 gr susu bubuk
1 sdt baking powder
25 gr santan kental instan
25 ml air daun suji (dari 20 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan)
3 tetes pewarna hijau tua
15 gr keju diparut untuk taburan
Almond secukupnya untuk taburan

Cara Membuat:
1. Kocok margarin, garam dan gula pasir halus 7 menit sampai lembut.
2. Masukkan tape singkong. Kocok rata, tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
3. Masukkan campuran sisa tepung terigu, maizena, susu bubuk, dan baking powder bergantian dengan campuran santan kental instan, air daun suji, dan pewarna hijau tua sambil diayak dan dikocok rata.
4. Tuang adonan di loyang loaf yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburi keju dan almond.
5. Oven dengan api bawah suhu 180 C selama 60 menit hingga matang.

Comments

Popular Posts