Puding Wortel

Puding yang satu ini enak, mengenyangkan, dan sehat. Buat yang lagi diet ataupun yang vegan bisa nyoba bikin kok. Cara buatnya juga mudah. Saya selama ini selalu takut kalau mau bikin puding, takut gagal, apalagi kalau jenisnya puding busa. Puding ini juga bisa buat mengakali anak atau suami yang kurang suka sama sayuran (suami saya termasuk nih, kalau disuruh makan sayur ampun deh....susah banget). Makanya begitu baca resepnya langsung tertarik bikin.



Puding Wortel

Bahan:
7 gr atau 1 bungkus agar-agar bubuk putih/ plain
125 gr wortel, kupas, potong-potong kecil (saya pakai sekitar 3 wortel ukuran sedang)
250 ml susu cair (saya pakai susu kacang)
350 ml air
100 gr gula pasir
1 sdm air lemon (tambahan dari saya)

Cara Membuat:
1. Blender wortel bersama air, hingga halus dan lembut.
2. Tuang ke dalam panci, tambahkan air lemon susu cair, gula, dan agar-agar bubuk. Aduk hingga rata dan masak hingga mendidih.
3. Setelah mendidih jangan segera diangkat, masak terus sambil diaduk-aduk beberapa saat supaya wortel benar-benar matang dan tidak langu.
4. Angkat dan tuang agar-agar ke dalam cetakan yang telah dibasahi air sebelumnya. Biarkan hingga dingin dan mengeras.

Tambahan air lemon tidak merubah rasa pudingnya kok, itu cuma untuk mengurangi bau langu dari wortelnya. Alhamdulillah suami suka, walau awal makan dia ngomong "ini puding apa? kok berserat banget?" pas dikasih tahu kalau yang dimakan puding wortel, dia bilang "oh...enak juga ya" hehehe berhasillll ^_^



Comments

Popular Posts