Ba...Ba...Ba...Banana...

Minggu kemarin mabuk pisang, bikin banana bread sampai 3 loyang. Untung bikinnya simpel, ga usah keluarin mixer tinggal aduk-aduk aja :) Banana Bread yang ini beda sama Banana Cake yang pernah aku buat, teksturnya lebih padat dan lebih mengenyangkan karena Banana Bread yang ini metode pembuatannya sama seperti buat muffin.

Awalnya sempat takut, jadi ga ya...soalnya ngembangnya lamaa bangettt dan adonannya tuh kental, bahkan sempat bilang sama suami "Hon, kira-kira bisa ngembang ga ya?" eh alhamdulillah berhasil juga. Rasanya juga enak, cuma choco chip nya kuranggg banyaakk. Suami aja sampai habis 3 potong sendiri ^-^ Nih sisa Banana Bread-nya kemarin sore, kalau pagi ini sih uda ludes...des...des...ga bersisa


Banana Bread
Sumber: Ricke Ordinary Kitchen

Bahan:
230 gr tepung terigu serba guna
100 gr gula pasir
30 gr gula aren bubuk (aku pakai 130 gr brown sugar)
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue (ga pakai)
1/4 sdt garam (ga pakai)
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
113 gr mentega (aku pakai mixed mentega & margarin)
3 buah pisang ambon, hancurkan dengan garpu
1 sdt vanilla extract (ga pakai)

Garnish
Irisan pisang (aku pakai keju parut dan choco chip)

Cara Membuat:
1. Panaskan oven suhu 180 C, siapkan loyang loaf, olesi dasar dan sisinya dengan mentega, taburi sedikit tepung terigu. Sisihkan.
2. Dalam sebuah mangkok/ baskom yang agak besar, aduk dan ayak terigu, baking powder, soda kue, dan garam. Masukkan gula pasir dan gula aren bubuk. Campur rata. Sisihkan.
3. Dalam mangkok lain, campur pisang, telur, mentega leleh dan vanilla. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet. Aduk cukup hanya sampai tercampur rata saja, tidak usah sampai lembut dan halus.
4. Tuang ke dalam loyang, tata irisan pisang di atasnya (aku kasih keju parut dan choco chip). Panggang dalam oven selama 60 menit (aku panggang selama 40 menit dengan api bawah, 10 menit terakhir api atas bawah, suhunya 180 C).

Untuk Banana Bread ini tidak boleh diaduk berlebihan / Over Mix, cukup diaduk sampai bahan bercampur semua, biarkan adonan kental dan masih bergerindil.

Oh ya, Banana Bread ini juga dipesan sama temanku "Niek & Arnold". Terima kasih ya untuk pemesanannya ^_^

Comments

  1. Mbak itu 130gram brown sugarnya? Apa 30gram? Mau coba ngilerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. brown sugar 30gr mba Debi, 100gr gula kastor. Tapi saya ganti total gula di resep dengan brown sugar 130gr

      Delete

Post a Comment

Popular Posts