Roti Bluder



Roti bluder kali ini agak lain dari yang lain, kenapa begitu? Pertama, rotinya raksasa, aku timbang adonan masing-masing 70gr, adonan roti umumnya ditimbang sebesar 50gr. Kedua, ini pertama kali aku menggunakan otentic dolce, ketiga pada saat proofing adonan aku tinggal dulu selama 1 jam untuk keluar rumah beli makan siang karena kalau lagi bikin roti suka malas masak dan lain-lain, sudah kebayang duluan capeknya dan dapur yang berantakan :) Keempat, aku bikin roti setelah lama bangeeett ga pacaran sama oven dan mikser hehehe

Awalnya sempat takut adonan gagal karena uda di mikser selama 20 menit kok ga kalis-kalis, akhirnya aku ngulenin pakai tangan, tambah tepung sedikit, alhamdulillah lama-lama kalis juga ya walau belum kalis banget habis tenaga sudah habissss... Kenapa nyoba pakai otentic dolce? Karena katanya otentic dolce membantu buat para pemula seperti saya dalam membuat roti, selain itu tidak perlu pakai ragi, susu bubuk, dan bread improver lagi, walaupun selama ini saya tidak pernah pakai sih yang namanya bread improver. Sempat takut pula pada saat pemanggan, karena sudah lama belum pacaran sama si oven, takut feelingnya hilang nanti roti malah gosong.

Yuk daripada bosan dengerin cerita saya ngalor ngidul ga jelas, mending disimak resepnya :)



Roti Bluder
Sumber: 52 Resep Kue Populer Sedap via Widya's Cakes

Bahan:
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang (aku pakai protein rendah karena di rumah adanya itu :))
1 bungkus (11 gr) ragi instan (aku skip karena pakai dolce)
75 gr susu bubuk full cream (aku skip karena pakai dolce)
150 gr gula pasir
4 butir kuning telur
2 butir putih telur
25 ml susu evaporated
175 ml air es
100 gr mentega
1 sdt garam

Susu evaporated untuk olesan
Meises dan keju parut untuk isi (aku pakai choco chip dan keju parut)

Cara Membuat:
1. Campur jadi satu bahan kering (tepung terigu, ragi, susu bubuk dan gula) di dalam wadah, campur sampai rata
2. Masukkan telur, susu dan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni
3. Masukkan mentega dan garam, uleni sampai kalis dan tidak robek kalau adonan dibentangkan seperti kulit martabak
4. Bulatkan dan diamkan sampai mengembang selama 30 menit
5.  Kempiskan adonan untuk membuang gas-nya, kemudian timbang masing-masing 50 gr, bulatkan, istirahatkan 10 menit (aku timbang masing-masing 70 gr, makanya jadi bluder raksasa hehehe)
6. Gilas adonan kemudian isi dengan bahan isian, tutup rapat dan bulatkan kembali, taruh dalam cetakan muffin yang diolesi mentega atau paper cup, istirahatkan kembali selama 75 menit
7. Olesi dengan susu evaporated dan panggang dengan suhu 190 C selama 15 menit (aku panggang selama 15 menit suhu 200 C, tergantung oven masing-masing ya, kalau ovenku suhu tinggi sekitar 200 C temperaturnya)

Untuk pembuatan roti kali ini, aku memakai dolce sebanyak 8% dari jumlah tepung. Jumlah tepung yang aku gunakan sebanyak 250 gr maka dolcenya sebanyak 20 gr. Apabila menggunakan dolce, maka penggunaan ragi dan susu bubuk dihilangkan.

Postingan ini juga diikutsertakan untuk Masak Bareng Yuuk !!! Edisi Bluder








Comments

Popular Posts