Pengalaman Pertama IG Live


Dalam rangka World Mental Health Day yang diperingati setiap tahunnya tanggal 10 Oktober 2020, temanku Ebi mengajak aku untuk ngobrol-ngobrol bareng di IG Live.

Selama pandemi ini, Ebi membuat acara yang diberi nama "Ngobabi Ngodaba" kepanjangan dari Ngobro Bareng Ebi Ngobrol Dari Balkon. Acara ini biasanya diadakan di hari Sabtu atau Minggu sore tergantung availability narasumber. Narasumber yang dihadirkan dan topik yang dibawakan berbeda setiap minggunya.

Aku awalnya ragu dan kaget karena aku merasa belum punya kapasitas untuk berbagi apa-apa. Ebi meyakinkan aku kalau acaranya informal dan beneran hanya ngobrol-ngobrol santai. Untuk topiknya seputar pola makan yang aku jalani selama ini dan hal-hal baru apa saja yang aku lakukan selama pandemi supaya aku tetap waras.

Aku pun menyetujui dan memberikan ide untuk mengadakan give away berupa buku. Buku yang diberikan topiknya pun tidak jauh-jauh mengenai kesehatan mental, yaitu Hidup Apa Adanya.

Judul Acara IG Live kita "Kegilaan Membawa Kewarasan" dimana kegilaan di sini artinya semua hal baru yang yang sebelumnya tidak pernah kita lakukan akhirnya kita lakukan sehingga kita hidup dengan warna warni kita masing-masing.


Garis besar acaranya kira-kira sebagai berikut:

  1. Apa kebiasaan atau pola yang pernah diterapkan untuk kesehatan fisik?
  2. Ketika menerapkan pola hidup sehat itu, apa saja perubahan yang dialami? Ada kondisi psikologis yang berubah? Misalnya mood/emosi?
  3. Di masa pandemi, ada perubahan yang signifikan kepada kesehatan fisik maupun mental? Mungkinkah ada kebiasaan baru. Hal-hal baru yang dipelajari dan diikuti terkait pemeliharaan Kesehatan fisik dan mental?
  4. Buku apa saja yang sedang dan sering dibaca selama masa pandemic? Mungkin dimulai dari yang paling berkesan.
  5. Bagaimana insight yang didapatkan dari buku-buku tersebut dapat menyumbang “kewarasan” di tengah masa pandemi?
  6. Boleh disebutkan pengalaman “kegilaan”nya?
Untuk teman-teman yang penasaran ingin menonton ngobrol kami, monggo bisa cek di Instagram nya Ebi.


Comments

Popular Posts