Bolu Kukus Mekar

Pertama kali bikin bolu kukus dan pertama kali juga ikutan PR Grup Dapur Aisyah di facebook. Awalnya sempat ketar ketir karena bolu kukus kan termasuk gampang-gampang susah, gimana kalau bolunya ga mau ketawa, terus gimana kalau bolunya bantat. Pokoknya belum bikin aja uda takut duluan akhirnya bismillah aja dan alhamdulillah bolunya bisa ketawa dan bagus banget hasilnya, lembut dan enak cuma menurut aku masih kemanisan sih, lain kali kalau bikin gulanya mau aku kurangin.

Bolu Kukus Mekar
Sumber: NCC

Bahan:
225 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdt cake emulsifier (saya pakai SP)
250 gr tepung terigu (saya pakai terigu protein rendah)
1 sdt baking powder
150 ml air soda (saya pakai sprite)
2 sdm cokelat bubuk

Cara Membuat:
1. Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan cup casenya. Panaskan kukusan, biarkan uapnya banyak
2. Campur semua bahan menjadi satu, kocok selama 10 menit hingga kental
3. Larutkan 2 sdm cokelat bubuk dengan sedikit air hangat, campur dengan 3 sendok adonan putih, aduk rata
4. Tuangi cetakan dengan adonan hingga 3/4 penuh, beri atasnya dengan adonan cokelat
5. Kukus selama 20 menit.

Berdasarkan pengalaman saya pertama kali buat bolu kukus, supaya berhasil:
1. Adonan bolu kukus harus benar-benar kental
2. Kukusan harus panas dan air dalam kukusan sudah benar-benar mendidih
3. Selama mengukus tidak boleh dibuka-buka dan tutup kukusan ditutup dengan serbet supaya uap airnya tidak menetes ke bolu



Yuk kita buat bolu kukus lagi...

Comments

Popular Posts