Yuk Makan Siang...

Sudah lama bangeeettt belum cerita-cerita soal menu makan siang, karena baru pindah kantor jadi masih makan di luar atau di kantin bareng teman-teman baru, cuma karena ada insiden akhirnya bawa bekal lagi deh. Mau tahu ga insidennya apa? Jadi gini, deket kantor itu ada warung manado yang enak dan murah, nah pas aku abis makan di sana, ga lama kepalaku langsung pusing plus muntah-muntah, aku curiga jangan-jangan aku keracunan ikannya. Itu mual, muntah, pusingnya sampai malam loh...jadi seharian itu lemes bangett. Untung besoknya masih bisa kerja.

Jadi mulai minggu ini, aku memutuskan untuk bawa bekal lagi ya walaupun masih malas masak dan maunya yang gampang-gampang aja. Punya rencana sabtu minggu besok mau bikin lauk yang bisa di-frozen atau setengah matang jadi pagi tinggal digoreng aja.

Nah ini menu makan siang aku hari ini, tempe tahu bacem dan tumis jagung putren, wortel dan buncis. Untuk tahu tempe bacemnya dibikin dari malam biar bumbunya meresap, cuma agak keasinan menurut aku. Maklum baru pertama kali bikin dengan bahan seadanya yang ada di dapur.




Tempe Bacem
Sumber: Sedap Khusus Pemula 72/XIV/2013

Bahan:
  • 10 buah tempe segitiga (aku pakai 1 buah tahu cina dan setengah papan tempe)
  • 1.000 ml air kelapa (aku pakai air biasa)
  • 2 sdm gula merah
  • 2sdt air asam jawa (skip)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sdt garam
  • minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus:
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
 Cara Membuat:
  1. Rebus air kelapa, gula merah, air asam jawa, daun salam, lengkuas, garam dan bumbu halus. Aduk rata (aku rebus air sampai mendidih baru masukkan bumbu halus, gula merah, daun salam, lengkuas dan garam)
  2. Tambahkan tempe (aku tempe dan tahu) rebus sampai bumbu meresap dan kering
  3. Panaskan minyak di api sedang. Goreng sebentar, angkat. Sajikan
Untuk tumis jagung putrennya biasa aja, bawah putih ditumis sampai harum masukkan sayuran, tambahkan gula, garam, dan merica.

Nah kalau yang ini menu makan siang aku hari selasa, udang tempura dan capcay.





Untuk udang tempura, aku lihat di Ummu Fatima's Simply Kitchen.

Yuk kita bawa bekal, selain sehat, terjamin, dan lebih hemat. Mari makan...




Comments

  1. Bunda Woro, setuju harus berani utk buat makan siang sendiri biar sehat dan hemat hehehe ^^ btw mau ngajakin bunda untuk buka akun buku masak di dapurmasak.com, sekalian ngajak masakbareng disini, kalau ga keberatan mampir yah http://dapurmasak.com/event/bihun-jagung-superior

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts