Ananas Tar aka Nastar

Yang namanya lebaran kurang lengkap tanpa nastar. Sebenarnya aku paling malas kalau bikin nastar secara lama mulungnya uda gitu kadang bulatnya ga sama, ada yang gede banget eh tapi ada yang kecil. Kemarin pas buat nastar, aku coba bikinnya pake cetakan. Jadi adonan nastar, aku giling pake rolling pin terus aku cetak bulat pake cookie cutter, baru deh abis itu diisi selainya terus dipulung-pulung lagi.

Resepnya aku pake resep andalan mamaku, dijamin nastarnya anti gagal. Kalau pas dipanggang nastarnya pecah itu mungkin karena isi selainya kebanyakan, bisa juga karena suhu ovennya terlalu panas.


Bahan:

675 gr tepung terigu protein rendah (aku pakai kunci biru)
75 gr maizena
200 gr butter (aku pake wisman)
300 gr margarin
4 butir kuning telur
1 butir putih telur
125 gr gula halus

Bahan Isi:
Selai nanas

Bahan Olesan:
Kuning telur
Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat:
1. Kocok asal margarin, butter, dan gula halus. Kocok asal di sini maksudnya dikocok sampai bahan tercampur.
2. Masukkan kuning telur, putih telur, kocok rata, kemudian tambahkan tepung terigu dan maizena yang telah diayak. Uleni dengan tangan hingga adonan bisa dibentuk.
3. Pulung-pulung adonan, isi dengan selai kemudian bentuk bulat-bulat.
4. Olesi atasnya dengan campuran kuning telur dan susu kental manis secukupnya. Aku menggunakan kuning telur ayam kampung biar warna kuningnya lebih cerah tidak pucat.
5. Panggang selama 25 menit dengan suhu 170 C. Aku panggang selama 10 menit dengan api bawah, 15 menit kemudian dengan api atas.

Berhubung sebentar lagi lebaran, saya ingin mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin."

Comments

Popular Posts