Donat Kentang Komachi

Di rumah ada stok tepung komachi banyak banget, sekitar 2 kg tadinya mau aku buat bikin roti cuma karena ada request dari adik tersayang untuk bikin donat akhirnya aku bikin donat saja nanti baru dibuat roti tepungnya. Biasanya kalau buat roti aku nguleni pakai mikser philips jadul warisan mama cuma karena kapasitasnya terbatas jadi untuk donat diuleni pakai tangan saja (manual). Lumayan capek juga nguleni sekitar 500 gr, udah gitu baskom tempat untuk ngulenin pecah karena terlalu semangat ngebanting-banting adonan donatnya ^-^  makanya aku ingin banget punya mikser khusus biar bisa nguleni donat sama roti, selain itu aku juga lagi nabung buat beli kamera biar fotonya bagus gitu, kalau sekarang kan burem.

Awalnya aku mau donatnya dicetak saja pakai cetakan donat tapi pas digiling dan dicetak kok lengket banget, susah ngeluarin dari cetakannya. Akhirnya aku bagi sama rata saja masing-masing 40 gr, total jadinya sekitar 30 buah. Pas goreng juga sempet deg-deg an donatku jadi apa tidak soalnya pas nguleni itu lengkeettt banget dan kalisnya lama, sampai tepungnya aku tambahin lagi dari resep yang sebenarnya, cuma ya itu tambahan tepungnya tidak aku timbang. Aku nambahinnya sesendok demi sesendok. Alhamdulillah donatnya jadi, enak dan lembut pula :) makannya cukup pakai gula donat dan coklat meisis.


Donat Kentang
Sumber: NCC

Bahan:
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi (aku pakai tepung komachi)
  • 50 gr susu bubuk (aku pakai susu bubuk merk Zee ukuran 40 gr)
  • 11 gr ragi instan
  • 200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 4 kuning telur
  • 100 ml air dingin
Cara Membuat:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi instan, aduk rata. Masukkan kentang halus, tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis, istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan masing-masing 50 gr, bulatkan (aku bagi adonan masing-masing 40 gr). Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya menjadi bentuk donat, segera goreng hingga berwarna kuning kecokelatan.
  5. Angkat dan tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan cokelat leleh. Hidangkan
Yuk dicoba donatnya, semoga resepnya cocok yaaa :)


Comments

Popular Posts