Kroket Kentang

Bikin kroket yuk, walau ribet tapi enak dan isinya bisa banyak :) Awalnya bingung pas ke dapur, stock kentang masih ada 1/2 kg, sisa waktu buat sayur sop dan perkedel. Mau dibuat perkedel lagi ya kok bosen, akhirnya browsing sama cek-cek bahan yang ada di kulkas, diputuskan kentangnya dibuat kroket saja deh sekalian ngabisin sisa sayuran sama kentang. Resepnya aku ambil dari Sajian Sedap dan dimodifikasi sesuai bahan yang ada.

Sekalian mau ikutan setor untuk event Masak Bareng Yuuk !!! edisi makanan berbahan ubi



Kroket Kentang
Sumber: Sajian Sedap

Bahan Kulit:
250 gr kentang, dikukus, dihaluskan (aku pakai 5 buah kentang)
20 gr susu bubuk (aku skip)
1 kuning telur
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk (aku skip)
1 sdt margarin (aku skip)

Bahan Isi:
50 gr daging giling
3 buah buncis, iris halus
50 gr wortel, potong dadu (aku pakai 2 buah wortel ukuran sedang)
2 siung bawang putih, cincang halus
4 siung bawang merah, cincang halus (aku skip)
1/2 sdt kecap manis (aku skip)
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk (aku skip)
1/4 sdt gula pasir
50 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdm minyak untuk menumis

Bahan Pencelup:
50 gr tepung panir halus (aku pakai tepung panir kuning kasar)
1 butir telur, kocok lepas
minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:

Isi: panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan daging giling. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan buncis dan wortel, aduk sampai layu. Masukkan air, kecap manis, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata

Kulit: aduk rata bahan kulit.

Penyelesaian: ambil adonan, beri isi, bentuk oval lonjong. Gulingkan ke tepung panir halus. Celup ke telur. Gulingkan di tepung panir halus. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

Makan kroket hangat-hangat ditambah cocolan sambal bangkok botolan dijamin ga cukup satu ^-^ Suami apalagi bolak balik nyemilin kroket sambil nonton dvd.



Comments

  1. sumpah keren...
    dan seksi menggiurkan...
    makasih udah join Masbar ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba Elly, duh jadi malu padahal fotonya buram gitu. Masih harus banyak belajar mba :) terima kasih sudah mau main2 ke sini ya mba :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts